Comments

Wednesday, January 2, 2013

bagaimana cara merubah setingan Start up grub default yang semula saat boot adalah ubuntu merubahnya menjadi windows

Posted by at 3:37 PM Read our previous post


Saat pertama kali kita install ulang ubuntu secara default OS yang akan pertama kali terloader adalah ubuntu with kernel bla...bla...bla...., jika anda menginstall komputer anda dengan menggunakan dual boot os Linux dan windows, maka Windows akan di tempatkan pada daftar grub paling bawah. Hal ini mengharuskan kita untuk menombol arah bawah sampai opsi grub windows lalu menekan enter, jika kita hendak memakai OS windows. Merepotkan bukan???

postingan kali ini akan coba membahas bagaimana cara merubah setingan Start up grub default yang semula saat boot adalah ubuntu merubahnya menjadi windows. OK., OS yang akan saya oprek di sini adalah UBUNTU. Penulis disini menggunakan Ubuntu versi 10.10 maverick merkat.
  1. pergi ke ubuntu sofware center dengan cara klik Aplication - Ubuntu Software Center
  2. ketikan search box ubuntu software center dengan kata kunci “boot” (tanpa tanda kutip)
  3. lalu hasil pencarian akan menunjukan hasil pencarianya. Pilih Aplikasi Start Up manager
  4. install aplikasi Start Up manager.
  5. Kalau sudah di install buka aplikasinya dengan cara Tekan F2 - lalu copy paste tulisan berikut su-to-root -X -c /usr/sbin/startupmanager - stelah itu lau tekan enter.
  6. Masukan password
  7. naaaaaah dari sini pilih di menu drop down yang semula Adalah menumetry 'ubuntu, with linux 2.6............... anda rubah menjadi Windows 7 Loader.
  8. Setelah selesai close aplikasi start up manger
  9. lalu restart komputer dan liat perubahanya

    komputer dual boot kita akan tersetting windows sebagai boot option pertama. sekarang anda tinggal menekan tombol enter saja saat anda hendak memilih os yang hendak anda gunakan ;D enjoy

1 comment: