Posted by Budi at 7:13 PM
Read our previous post
Sebenarnya kata “bauran” agag termasuksulit untuk di
pahami. Selain karena kata ini jarang muncul di sekitar kita pengartianya juga
sedikit membingungkan. Maka dari itu budinur akan menjelaskan sedikit demi
sedikit yang di maksud dengan bauran pemasaran.
Secara bahasa “bauran” berasal dari kata “baur” yang
artinya “campur” sehingga dapat di artikan yang di maksud dengan bauran adalah
campuran. Kemudian pemasaran. Pemasaran adalah proses,
cara, perbuatan memasarkan suatu barang atau membawa keliling produk supaya
orang tertarik dan mau membeli produk kita.
Sehingga secara istilah yang di maksud
dengan bauran pemasaran adalah kegiatan membawa produk ke masyarakat agar produk
yang kita pasarkan dapat menyatu dan bercampur dengan masyarakat atau konsumen.
Dalam dunia bauran pemasaran ada 4 tahap
yang perlu di perhatikan antara lain
a.
Produk
b.
Harga
c. Distribusi
d. Promosi
1. Promosi
penjualan
2. Periklanan
3. Wiraniaga
4. Humas
5. Pemasaran
lapangan
Dalam dunia industri pemasaran produk merupakan salah
satu hal yang sangat penting dikarenakan peristiwa ini merupakan awal dari
turunya produk menuju konsumen.
Pengertian produk adalah segala sesuatu yang dapat
di berikan kepada konsumen dengan imbalan berupa pembayaran atas apa yang kita
berikan kepada konsumen baik itu jasa ataupun produk.
Adapun macam produk antara lain yaitu
-produk konsumsi
-produk insudtry
-mutu produk
-sifat sifat produksi
dan masih banyak lagi macamnya. Sebenarnya produk
bersifat progress di karenakan akan terus mengalami perkembangan sesuai dengan
minat dan kebutuhan zaman yang semakin maju.
Agar supaya tingkat penjualan terus meningkat ada
dua hal yang perlu di perhatikan. Dua hal tersebut antara lain; promosi dan
upgrade kualitas maupun kuantitas produk
Konsumen biasanya akan tertarik dengan promoisi. Semakin
menarik sebuah iklan atau promosi yang kita buat maka akan semakin banyak
konsumen yang kita dapatkan
Promosi dapat di bagi menjadi dua yaitu
promosi perubahan
produk dan promosi perkenalan
promosi perubahan produk adalah promosi yang di
lakukan dengan cara menambah atau mengurangi kualitas dan kuantitas produk
seperti diskon, extra isi, dan hadiah.
sedangkan promosi perkenalan adalah promosi yang di
lakukan untuk memperkenalkan produk ke khalayak masyarakat supaya tahu dan
mengerti akan produk yang telah kita buat.
Oh ya saya lupa tentang upgrade kualitas produk. Yang
di maksud disini yaitu kita memperbaharui, menambah, atau mengganti produk yang
selama ini kita buat. Contoh jika sebuah pabrikan terbiasa membuat produk roti, maka besoknya
di perbaharui dengan membuat roti isi selai kacang J.
Berikut
No comments:
Post a Comment