Comments

Tuesday, February 21, 2012

Tips Mengatur Waktu Makan Yang Tepat

Posted by at 8:40 PM Read our previous post

Makanan adalah unsur yang paling penting dalam mengawali suatu aktivitas maka tak heran jika ibu kita menganjurkan kita untuk makan sarapan dahulu sebelum berangkat ke sekolah atau ke kampus.
Berikut beberapa tips yang bisa membantu anda untuk terbiasa untuk tertib makan,
Makan Pagi/Sarapan Atau Breakfast (05:45-06.00)
Jika anda termasuk dari keluarga yang mampu dan hanya memiliki sedikit waktu untuk melakukan sarapan maka anda cukup menata roti tawar,selembar seledri,satu iris besar bawang bombai,2 buah mentimun,dan roti tawar lagi secara berurutan yang di olesi selai di setiap lapisnya,dan sebagai penutupnya segelas air susu sebagai penutupnya.
Namun jika anda merasa dari keluarga yang kurang mampu,maka makanlah nasi sebagai sumber energi utama,lalu sayur hangat yang tidak mengandung santan “jangan bening”,dan lauk pauk yang mengandung protein seperti tahu atau tempe dalam sebuah piring. jangan lupa sebagai penutup minumlah 2 gelas air putih sebelum dan sesudah sarapan

Makan Siang/Lunch (antara 11.02-13.00)
Jika di sekolah,kantor,atau kampus terdapat waktu isoma (istirahat, sholat,makan) maka gunakan sejenak waktu anda 5 menit untuk anda gunakan memesan dan memakan  makanan dari kantin atau restoran yang mungkin tidak mengandung bahan penyedap rasa apalagi boraks. Jika anda merasa ragu atau tidak suka mengeluarkan uang,usahakan untuk membawa makanan dari rumah. Makanan yang anda bawa usahakan untuk dipisah antara satu elemen dengan elemen yang lain seperti sayur,lauk,dan nasi secara sendiri-sendiri.
Makan malam/Dinner (di atas pukul 18.00-21.00)
            Dalam waktu makan malam disarankan supaya untuk tidak memakan makanan yang dapat membuat perut sakit seperti makan makanan yang pedas,dan jangan terlalu banyak minum cukup nasi sayur dan lauk pauk karena sebentar lagi anda akan tidur. Pasti tentunya anda tidak ingin ke kamar mandi malam-malam bukan
            Namun dari semua hal di atas yang paling utama adalah membaca doa sebelum makan agar makanan kita selalu mendapat barakah dari allah dan membaca hamdalallah sesudahnya.

No comments:

Post a Comment