Comments

Saturday, June 15, 2013

Pengalaman Pertama Menggunakan Linux Mint nadia

Posted by at 5:15 PM Read our previous post

Semenjak di terbitkannya artikel Say Good Bye Ubuntu 10.10 saya merasa bahwa ini adalah perjalanan saya berpetualang dengan linux. Pasalanya jika artikel tersebut di posting tidak menutup kemungkinan ubuntu maverick merkat akan di tutup secara perlahan. Dan dukungan suportpun mungkin akan sedikit demi sedikit di kurangi.

Akhirnya saya memilih untuk menghapus ubuntu 10.10 saya mencoba beberapa distro seperti ubuntu 11.10 hingga ubuntu 12.10 namun semua itu tidak membuahkan hasil!!!! semua distro tersebut tidak cocok dengan laptop mungil saya ini...

lalu kemudian saya pergi ke guru sekaligus teman saya yang minggunakan linux mint 14 di sini saya mencurahkan segala masalah saya terkat dengan ubuntu 10.10 maverick merkat. Dan ia hanya mengangguk-ngangguk saja. Kemudian ia menyalakan laptop dan menancapkan flashdisknya kemudian ia sodorkan kembali kepada saya.... dan waktu saya di buka isi flasdisk tersebut saya langsung mengerutkan kening di karenakan di kasi file iso linux mint nadia 14 saya juga heran ini maksudnya apa?

Kemudian saya pulang sesampainya di rumah saya membuatbootable untuk linux mint ini melalui USB. Kemudian saya coba secara live cd melalui boot able flashdisk. Pertama saya melihat saya sebenarnya langsung memiliki fikiran bahwa pasti distro ini tidak cocok dengan laptop saya ini.

Setelah bebrapa saat saya coba secara live cd ternyata SAYA SALAH BESAR ternyata linuxmint 14 nadia sangat cocok dengan laptyop saya. Tidak hanya itu kini saya tidak perlu alagi:

1. menginstall vga driver
2. menginstall broadcom wireless
3. menginstall gstreamer sebagai codec untuk nonton dan mendengarkan file multi media
4. dan yang paling menyenangkan dari semua ini adalah modem terdeteksi di linux mint saya.

Saya pun langsung jatuh cinta pada distro ini kemudian saya menginstallnya ke hardisk saya. Dan benar saja linux mint sudah sangat stabill di laptop saya. Kini saya saya senang sekali sudah bisa menggunakan distro ubuntu namun bukan ubuntu. Di karenakan linux mint sama persis perintah awalnya dengan linux ubuntu... bagi anda yang memiliki masalah sama dengan saya, yaitu ketidak cocokan ubuntu 11.04 dengan komputer anda, kalian wajib mencoba distro cantik satu ini... sekian penjabaran saya kali ini... sebenarnya masih ada banyak yang mau saya share dari pengalaman saya menggunakan linux mint namun akan saya bagi kepada teman-teman semua secara bertahap.

Oh iya jika teman-teman ingiin mencoba distro turunan ubuntu yang satu ini teman-teman bisa mendownloadnya di bawah ini

http://www.linuxmint.com/

4 comments:

  1. nice info :)
    saya juga pengguna linux mint, dan benar kalo dirasa-rasa penggunaan resourcenya lebih ringan dan tidak banyak memerlukan internet ketimbang ubuntu yg dulu saya gunakan. hehehe, saya pakai mint 15 olivia yg baru

    ReplyDelete
  2. Wah enak dong gan udak pakek mint 15.... maaf saya belum menyertakan screen shootnya low sebelumnya di karenakan keterbatasan bandwith dan terimakasih sudah mau berpartisi pasi mengisi komentar di blos saya ;)

    ReplyDelete
  3. Emang Linux Mint memang oke kang, ane pengguna Mbak Rebbeca gan, kalo ane pakai Mint Mate gan.. berikut pengalaman ane kang => Pengalaman Menggunakan LInux Mint 17.1 Mate

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang sekali ada temen linuxer lain yang mau berkunjung kemari dan mau berbagi pengalaman juga. :D jika mas anandia muhammad mau mampir lagi saya berterimakasih sekali terlebih lagi saya juga seorang beginner linux saya oppen banget buat mas untuk ngecheck beberapa postingan saya seputar linux supaya menjadikan budinur891 lebih baik lagi. :D

      Delete